Tahun yang Absurd

Tenang, ini bukan postingan buat lomba blog. Cukup ikut 3 lomba aja di bulan ini. Itu juga karena gue mulai gabut karena liburan semester.

Kayak ada yang peduli aja.

***

Nggak ada abis-abisnya dari postingan sebelum ini gue ngomongin tahun 2021. Kalo gue diminta deskripsiin 2021 lewat satu kata, gue bakal milih kata "absurd". Tahun 2021 merangkum semua kejadian kocak, sedih, ancur, lucu, apes, pokoknya hampir lengkap deh! Langsung aja kali, ya, lima kejadian ter-ter-ter-termehek-mehek di tahun 2021.

1. Ujian. Seperti anak SMA kelas tiga pada umumnya, salah dua syarat kelulusan yang harus terpenuhi adalah ujian sekolah dan ujian praktik. Sekolah gue punya ketentuan sendiri soal ujian praktik online. Semua jenis ujiannya diganti jadi bikin satu video YouTube. Emang, kesannya kayak ujian masuk tim YouTube RANS dibandingkan ujian buat lulus SMA.

Sejujurnya, ujian praktik rancangan guru-guru sekolah gue bagus dan meringankan beban murid, tapi kalo diliat dari kacamata sinefil (yang pasti bukan kacamata gue), alur video yang harus dibuat absurd banget. Satu video itu gabungan dari ujian praktik olahraga, kimia, seni budaya, biologi, agama, bahasa Jepang, bahasa Inggris, kewirausahaan. Mungkin kalian belum ada bayangannya gimana, tapi guru gue udah ada. Guru gue nentuin alur videonya kayak gini: senam -> ceramah tentang makanan halal -> masak makanan dan jelasin prosesnya pake bahasa Jepang -> makanan jadi -> promosi makanan pake bahasa Inggris -> nyanyiin jingle promosi makanan -> nulis laporan analisis soal bahan-bahan yang digunakan.

Untungnya ada format penulisan judul video, kalo nggak mungkin gue bakal tulis: HEBOH!!! ANAK SMA CERAMAH PAKE BAHASA JEPANG!!! NO. 3 BIKIN GELENG-GELENG KEPALA!!!!

Terima kasih untuk 20 juta penonton.

2. UTBK pas puasa. Gue nggak bilang ini menyiksa, tapi gue ngerasa capeeeekk banget. Gue milih jadwal ujian hari keempat gelombang pertama, minggu pertama puasa Ramadhan. Selama ngerjain soal, gue haus banget. Mau ngitung, haus. Mau baca soal, haus. Mau nginget-nginget materi, haus. Mau coba jawab, nggak ngerti. Mueheheh...

Sebagai anak Saintek, gue harus berkutik dengan angka dan soal yang pertanyaan satu paragraf tapi jawabannya cuma satu kalimat selama empat setengah jam. Selama empat setengah jam itu juga gue ngerasain puasa termikir sepanjang gue hidup. Biasanya gue kalo puasa cuma duduk diem depan tv, nyari posisi paling nyaman di kasur, atau buka pintu kulkas terus tutup lagi karena keinget lagi puasa, tapi kemaren gue dipaksa kerja rodi mikirin jawaban soal fisika.

Abis UTBK, ya, bukber dong!

3. Ikutan positif covid. Nah, ini dia highlight 2021 yang paling highlight. Inget kan gelombang tsunami covid di bulan Juni. Kebetulan, sebelum gelombang itu menghantam Indonesia, gue udah lebih dulu positif covid. Gue positif mulai tanggal 24 Mei 2021, sekitar 1 minggu setelah lebaran. Informasi aja kalo rata-rata keluarga gue di Jakarta, jadi waktu itu gue positif bukan karena mudik. Oke, lanjut.

Kurang lebih gue kena covid sekitar satu minggu. Gue kedapetan covid versi tanpa gejala alias kayak orang sehat biasa aja. Bahkan, gue masih bisa nyempetin buat workout kecil-kecilan (widih udah kayak usaha aja tuh.. kecil-kecilan) setiap sore. Sampai akhirnya, setelah satu minggu isolasi BCA dan rutin minum susu beruang yang gue juga nggak ngerti itu beneran ampuh atau nggak, gue dinyatakan kembali negatif covid.

Pas Putri Marino dinyatakan negatif covid positif sebel sama Reza.

4. Masuk fakultas komputer. Sedikit berhubungan dengan nomor 2, setelah lewatin tetek bengek UTBK dan anak-anaknya (re: ujian mandiri), gue masuk ke fakultas komputer. Universitas dan jurusannya lumayan banget, cukup banyak diincer sama anak-anak SMA yang mau kuliah. Gue sangat bersyukur bisa keterima di sini. Gue selalu optimis kalo fakultas dan jurusan ini akan membawa gue ke karir yang cemerlang di masa depan. Asik..

It’s my dream!

Kemudian, gue menjalani semester satu dengan b aja untuk b dalam artian berkesan. Ceritanya bisa dibaca di sini.

5. Nonton Yuni. AKHIRNYA GUE NONTON DI BIOSKOP LAGI. Kayaknya hampir 2 tahun gue nggak nonton di bioskop. Gue sampe lupa apa film terakhir yang gue tonton di bioskop. Dan akhirnya, hari Selasa tanggal 21 Desember kemarin, gue nonton film di bioskop buat yang pertama kalinya lagi. Senangnya...

Film yang gue tonton adalah Yuni. Tadinya gue mau nulis "film ini menceritakan tentang..", tapi gue inget ini film udah menang beberapa kategori di FFI bahkan di TIFF, jadi sinopsisnya pasti banyak di Google. Yaudah deh, kalo mau tau cari aja di Google.

Kau bilang aku burung~

Menurut gue, Yuni adalah karya yang epik dari segenap tim produksinya. Meskipun gue anak komputer yang sama sekali nggak belajar tentang perfilman, gue jatuh cinta sama alur yang digambarkan lewat film Yuni. Selain itu, film Yuni ngasih memori berharga karena jadi film pertama yang gue tonton di bioskop saat pandemi. Kedepannya gue udah ada beberapa list film yang bakal gue tonton. Semoga kondisi semakin membaik dan bioskop masih terus buka.

Mungkin itu aja lima highlights dari tahun 2021. Sebenernya masih banyak cerita lain yang seru, kayak wisuda, ikut organisasi di kampus, stres ngoding, jadi budak INTEN, stres ngoding, menang lomba lari, stres ngoding. Semua cerita yang gue rasain di tahun ini sangat berharga dan luar biasa. Gue mau berterima kasih kepada teman-teman gue yang ikut meramaikan dan hadir di setiap cerita gue. Semoga kalian bahagia selalu. Anyway, semoga Kinan juga bahagia selalu, heheh...

Posting Komentar

0 Komentar