Niat Itu Penting

Udah hampir lebih dari dua bulan gue selalu bulak balik ke rumah sakit buat ngobatin telinga gue. Jadi, telinga kiri gue numbuh jamur karena kondisi telinga yang lembab akibat kemasukan air. Selain itu, karena tulang telinga gue agak bengkok jadi kalo ada air masuk nggak semuanya bisa keluar. Pokoknya begitulah kata dokternya.

Gue milih rumah sakit khusus THT yang ada di Jakarta. Dokter di rumah sakit ini keren-keren banget, beberapa ada yang udah jadi profesor. Karena keanehan tulang telinga gue, gue udah langganan buat berobat di rumah sakit khusus THT ini. Kalo lagi nggak berjamur, dalam satu tahun paling nggak gue harus 3x kontrol ke rumah sakit ini cuma untuk bersihin telinga. Tapi, gue nggak pernah punya dokter yang pasti. Artinya, gue sering gonti-ganti dokter buat ngurusin penyakit telinga gue yang ilang timbul kayak sinyal wifi Indihome.

Karena masalah jamur ini cukup serius sehingga mengharuskan gue untuk kontrol rutin mingguan. Gue juga diminta pilih 1 dokter yang bakal persisten nanganin penyakit gue. Alasannya supaya metode penangannya nggak berubah-ubah. Setelah berdiskusi panjang, sakral, dan dengan bantuan informasi dari bulan, gue milih bakal terus kontrol dengan Prof. dr. Bambang. Beliau menangani penyakit gue dengan profesional banget, tapi pasiennya juga banyak banget.

Pas kontrol pertama, beliau buka praktek jam 15.00. Gue dateng ke rumah sakit jam 15.05, kemudian tes kesehatan dan daftar. Gue masuk ke list pasiennya jam 15.13 dengan nomor urut 19. Sekali lagi gue ulangin, beliau buka praktek jam 15.00, jam 15.13 udah ada 19 pasien yang daftar. Kayak ngantri masuk Ice Age Dufan, panjang bener.

Image
Yang pasti dilakukan kalo lagi nunggu: yha, merenung

Gue ngantri kurang lebih 3 jam, dari jam 15.13 dan baru masuk ke ruangannya jam 18.08. Gue itung-itung Trans TV yang disetel di ruang tunggu udah 3 kali ganti acara. Setelah masuk ke ruangannya, gue ngerasa terbayarkan karena profesionalitas dan kerapihan kerja Pak Dokter. Beliau juga meminta gue untuk kontrol lagi minggu depan buat diliat progres kesembuhannya.

Belajar dari pengalaman kemarin yang ngantri diperiksa udah kayak ngantri ATM pas akhir bulan, gue berencana dateng 1 jam sebelum Pak Dokter buka praktek. Hari Sabtu, Pak Dokter buka praktek jam 13.00, gue udah ancang-ancang buat berangkat jam 11-an supaya sampe di rumah sakit sekitar jam 12. Kemudian gue akan dapet nomor antre awal-awal, masuk ruangan dengan cepat, selesai juga dengan cepat. Itu niatnya.

Namanya manusia hanya bisa berencana, soal hasil akhir biarlah jalanan Jakarta yang tentukan.

MACET, BOS!

Macetnya mulai dari keluar gang rumah gue. Bener-bener hari Sabtu harinya orang jalan-jalan. Coba alternatif jalan lain meskipun jadi agak jauh, macet juga. Yang bisa gue lakukan cuma dengerin radio yang muterin lagu Adele - Easy On Me. Sesekali gue memandangi pengendara motor yang lihai nyelip-nyelip. Singkat cerita, gue sampai di rumah sakit jam... 13.02. Keluar dari mobil, gue ngomong dalam hati, "Coba berangkat dari 3 jam sebelum, tapi ujung-ujungnya sama aja. Yang penting niatnya".

Image

Seperti biasa, sebelum masuk gue melakukan ritual tangan dicium termometer dan scan barcode PeduliLindungi. Kemudian gue harus cek tensi darah, baru daftar dan ambil nomor antrean. Selama nunggu proses daftar pasien, gue udah pasrah kalo harus nunggu 3 jam lagi atau nontonin 3 acara Trans TV berturut-turut lagi. Ternyata, hasil emang nggak pernah mengkhianati usaha. Katanya. Gue dapet nomor antrean 6! YES.

Cerita nggak berenti di situ, gue sempet salah nunggu juga. Gue duduk di ruang tunggu depan, ruang tunggu untuk Poli 1 dan Poli 2. Setelah 30 menit nunggu, otak gue baru coba mencerna. Tumben banget pasien Pak Dokter sepi. Pas gue cek lagi, ternyata Pak Dokter buka praktek di Poli 9, di ujung, dan ruang tunggunya penuh seperti biasa. Ampun, deh..

***

Niat itu penting. Kayak nyokap gue pas mau bikin pudding. Niatnya bikin pudding rasa coklat. Udah lama nunggu air mendidih, masukin susu coklat, masukin ke wadah plastik, tapi tetep nggak mengeras jadi pudding. Ternyata pas masak lupa masukin bubuk Nutrijel-nya. Yang penting niatnya.

Posting Komentar

0 Komentar