Yang Punya Masih Ada...

Ke pasar baru beli jambu
Assalamualaikum bu-ibu

Udah lama banget nih blog kagak ada isinya, dari Ayu Ting Ting masih marahan sama Boy William sampe sekarang udah ngonten bareng. Belaga ada yang perhatiin aja nih blog ada update atau nggak.

Emangnya yang punya kemana kok lama nggak muncul? Yang punya masih ada... tapi...

SIBUKBUKBAKBIKBUK!

Siapa yang bilang kuliah bakal unyu, seru, fun kayak yang ada di film? NGGAK MEN! Kuliah tuh bener-bener capek dan harus pinter-pinter bagi waktu. Meleng sedikit, lewat! Bukan, bukan umurnya, tapi pemahaman lu soal matkul yang diambil.

...

Sedikit update untuk kuliah gue, gue kemaren berhasil namatin semester 3 Fasilkom. Rasanya? Cukup sekali seumur hidup. Sesuai sama lirik lagunya Dede Lesti yang ini:
Sekali seumur hidup
Cukup satu kali jangan berubah

NAH. Itu cocok banget sama kehidupan semester 3 di Fasilkom. Sekali seumur hidup. Cukup satu kali jangan berubah. Cukup sekali aja gue ngerasain keosnya semester 3. Kekeosan ini terjadi karena matkul yang gue ambil jadwalnya cukup padet. Selain itu, gue juga masih coba-coba ambil kepanitiaan yang malah bikin gue semakin sibukkedebakkedebuk. Tapi, karena sekarang semester 3-nya udah kelar dan sekarang lagi liburan, gue mau breakdown matkul yang gue ambil di semester 3 kemaren. Ini dia peneman malam sepi gue selama semester 3. Mantap.


1. Struktur Data dan Algoritma
Impresi pertama gue setelah denger matkul ini adalah... wow sungguh ilmu komputer sekali. Dari namanya jelas tergambar gimana susahnya mahasiswa semester 3 untuk melewati rintangan-rintangan ajaib yang ada di SDA. Lab, TP, check point, pokoknya banyak banget tradisi yang harus diselesaikan per minggunya. Inti dari mata kuliah SDA adalah melatih mentalitas mahasiswa supaya bisa tamatin kuliahnya. Bukan, soal ngoding dan materi-materinya mah banyak di internet, tapi pelajaran mentalnya yang jarang ditemukan di matkul-matkul lain.

Sebagai mahasiswa Fasilkom dengan taraf ngoding alakadarnya atau bahkan masih cocok buat ikut course Coding for Kids, gue sangat amat nelangsa di matkul ini. Untuk bisa ngerjain tugas-tugasnya, gue harus selalu berdiskusi dengan temen-temen yang lain. Belom lagi jam tidur gue jadi kurang banget. Pagi sampe sore gue kuliah, malem nugas, tengah malem nugas, menuju pagi nugas juga kalo masih kuat, paginya kuliah lagi.

Salah satu pengalaman paling wadidaw dibalik wadidaw buat mata kuliah SDA adalah waktu gue ngoding di kawinan sodara gue. Waktu itu, tepatnya hari Sabtu, gue dateng ke kawinan sodara gue, tapi di jam 18.00 gue ada deadline tugas SDA. Tidak mau mengecewakan, bahkan memutus silaturahmi keluarga, gue hadirlah dengan turut berbahagia. Dateng, rapi, pake kebaya, banyak ngobrol dengan saudara. Tapi nggak lupa gue juga bawa laptop buat nugas yang siapa tau dibutuhin tiba-tiba. Acara berlangsung aman, gue sampe dzuhur juga masih di venuenya. Hingga sekitaran jam 1 siang, temen gue bersedia buat ngajarin gue. Bersedia buat bantu gue cari jalan keluar dari permasalahan kodingan gue. Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan emas, gue lari lah ke mobil buat ambil laptop. Akhirnya, gue ngoding di dalem gedung dengan kebaya lengkap. Sebuah dedikasi tinggi seorang mahasiswa Fasilkom. Salut!

Sampe akhirnya, gue bener-bener bersyukur bisa lewatin mata kuliah mentalitas mamba ini.

2. Sistem Operasi untuk Sistem Informasi
Kalo kata motivator Thailand, "singkapunkhap sakhakap kualikikap khathap" atau artinya buat sukses harus ada yang dikorbanin, maka matkul ini yang jadi tumbalnya. Kekeosan semester 3 karena SDA bikin gue dengan terpaksa menumbalkan SOSI. Sebenernya bukan cuma karena SDA aja, tapi karena inti pelajaran SOSI yang menurut gue terlalu rumit untuk dicerna. Balik lagi, kacepatan otak gue masih 3G buat materi-materi SOSI yang butuh 5G. Bahkan mungkin gue masih 1G alias SIJI.

Nilai-nilai gue buat mata kuliah ini nggak bagus sama sekali. Nilai UTS gue aja 28. Bener, 28. Nilai sama nomor sepatu gue juga masih gedean nomor sepatu gue. Kalo kata orang bales di UAS, sayangnya gak berlaku di SOSI. Ya emang sih UAS gue emang lebih gede, tapi tetep D. Ya, itu adalah contoh balas dendam yang cemen.

3. MPPI
Kalo SOSI gue bilang sebagai matkul tumbal gue buat semester 3, MPPI gue bilang sebagai matkul hiburan. Tugas-tugasnya ringan banget dan cenderung cocok sama gue yang emang suka nulis. Mungkin ini bisa jadi pelajaran juga buat kita semua (wow), kalo semakin kita sering nulis, tangan bakal semakin enjoy buat nuangin apa yang ada di pikiran kita. Gue bener-bener ngerasa tugas-tugas MPPI sangat amat bisa gue handle dengan baik. Gue juga cenderung suka sama tugas-tugasnya karena basic-nya adalah menulis dan mengetik.

4. Manajemen Proyek TI
Matkul hiburan udah, matkul tumbal udah, yang ini adalah matkul harapan. Sangat amat besar harapan gue di matkul ini. Dari namanya aja, Manajemen Proyek, bener-bener Sistem Informasi banget. Bahkan, jadi Proyek Manager juga salah satu pertimbangan karir yang bakal gue ambil setelah lulus dari Fasilkom. Setiap tugas-tugas yang ada juga gue kerjain sebisa mungkin, seapik mungkin, pokoknya semungkin-mungkin dah!

UTS? Belajar! UAS? Hajar! Hasil akhirnya bagus dong? Eits, belom tentu. Brazil yang secara komposisi pemain udah bagus dan mateng banget aja bisa gagal ke semifinal World Cup, itu karena ada aja variabel atau hal yang nggak terduga. Begitu juga yang terjadi di matkul ini. Tugas-tugas yang gue coba selesaikan dengan sebaik-baiknya ternyata hasilnya kurang memuaskan. Nilai UTS dan UAS gue juga nggak bisa ngangkat banyak. Hasil akhirnya? Ya terima aja.

Ada sedikit drama pas gue liat nilai akhir gue buat matkul ini. Sebelomnya nilai gue udah lumayan, terus ada ralat dan ternyata itu salah input. Oke nilai gue berhasil balik lagi. Nggak lama, nilainya berkurang lagi, tapi yang sekarang justru yang bener, yang sebelomnya malah yang salah input. Ibarat mimpi pipis udah di toilet tau-taunya pas bangun ngompol. Rasanya sakit, men!

Aq rapopo, Bu.

5. Aljabar Linear
Sejak dari awal matkul ini diambil, gue emang nggak memberikan perhatian lebih ke dia. Matkul ini ibarat matkul yang dianaktirikan oleh gue. Gue selalu nganggep enteng materi-materinya. Sampe akhirnya, gue yang terjebak sendiri di matkul ini.

Hampir setiap kelas gue dateng telat, sampe kelas main TikTok, kelar kelas tidur. Nggak suka nge-review ulang materinya. Bener-bener gue anak tirikan banget. Walaupun nggak tau bapaknya siapa. Eh balik lagi. Sebenernya salah satu alasan kenapa gue kurang suka sama matkul ini adalah suasana kelas yang kurang kondusif sehingga bikin gue susah fokus di kelas. Nilai-nilai gue di matkul ini cenderung biasa aja. Bener-bener B banget. Gue juga ngerasa kayak nggak ada yang spesial dari materi-materinya. Jadi itu juga yang bikin rasa penasaran gue sama materi matkul ini kurang banget.

6. Pemrograman Berbasis Platform
Buat matkul ini, gue akan kasih bintang 5 untuk seluruh aspek yang ada. Mulai dari cara pengajaran, tugas-tugas, kelas, asdos, pokoknya semuanya. Dari yang awalnya gue nggak ngerasa matkul ini akan menguras energi sebanyak itu, sampe akhirnya gue ngos-ngosan sendiri setiap ngerjain tugas-tugasnya. Sebenernya matkul ini sangat dekat dengan kehidupan blogger karena tugas-tugas di paruh pertamanya seputar HTML dan bikin website sendiri. Tapi, masuk paruh kedua udah mulai ajaib bin acihuy. Tugas-tugasnya semakin berat. Bukan lagi HTML, tapi gue belajar Flutter dan Dart.

...

Dari keenam mata kuliah yang gue ambil di semester 3, mata kuliah yang paling gue cintai adalah MPPI. Sebenernya gue cinta banget sama Manpro, tapi rasanya gue nggak kuat buat mencintainya lagi sejak gue tau sakit hati terbesar gue justru dateng dari Manpro. Wow, cukup dramatis.

Tapi apapun itu matkulnya, secara sadar dan penuh bruntusan karena kebanyakan begadang, gue akan bilang... IT'S A WRAP! Thank you semester 3 Fasilkom untuk segala kenangan jatuh bangunnya. Gue paham sekarang kenapa semester 3 bisa dibilang semester "keramat" anak kuliahan. Tapi, gue yakin kalo udah berhasil lewatin semester 3, itu artinya gue juga udah siap buat lewatin semester-semester berikutnya yang ada di Fasilkom, bahkan sampe ke tugas akhir dan lulus. 

Dengan demikian, mari kita tunggu petualangan gue selanjutnya mengarungi rintangan hidup bernama kuliah ini.

Posting Komentar

0 Komentar