Setengah Jalan

Rasanya udah lama banget nggak nulis di blog ini.

Yaiyalah, kan nulisnya sekali per semester.

...

Selamat datang lagi di postingan rutin blog ini, postingan yang membahas kisah mahasiswa terombang-ambing oleh kerasnya kehidupan kampus. Agak dramatis sih, tapi percayalah kenyataannya jauh lebih dramatis dari kalimat sebelum ini. Seperti postingan-postingan sebelumnya, gue bakal cerita soal kegiatan/keseharian/kesulitan/ketidakwarasan gue menjalani hari-hari perkuliahan. Episode kali ini berjudul "Semester 4: Setengah Jalan"


Menurut gue, dibandingkan dengan 3 semester sebelumnya, semester 4 cenderung lebih enteng. Semester pertama, semester dimana gue kaget tercepot-cepot sama dunia kuliah. Semester dua, semester gue terlalu banyak observasi sama kegiatan nonakademik di kuliah. Semester tiga, semester paling nggak ketolong karena yang dipelajarin selain hidup itu fana udah bukan dasar-dasarnya lagi, dan semester empat ini jadi semester menenangkan atas semua pertarungan batin maupun fisik di semester-semester sebelumnya.

Pada semester 4 kemarin, gue ambil 20 SKS. 20 SKS itu terdiri dari 6 mata kuliah dengan 5 mata kuliah wajib dan 1 mata kuliah pilihan. Dari awal milih mata kuliah, gue berharap bisa bales dendam sama nilai alemong yang gue dapet di semester 3 kemarin. Mengaca dari pengalaman sebelumnya, gue memilih buat ambil matkul minat dimana gue yakin bisa dapet nilai A meskipun gue nggak paham matkulnya bakal ngomongin apa. Kayak buat matkul minat gue ambil Literasi Digital dari FIB. Kalau diterawang dari namanya, gue kira matkul ini cuma bakal ngomongin cara mengidentifikasi hoax di WhatsApp keluarga.

Lima matkul wajib lainnya yang gue ambil ada Statistika dan Probabilitas (Statprob), Manajemen Sistem Informasi (MSI), Basis Data (Basdat), Sistem Informasi Perusahaan dan Akuntansi (SIPA), dan Sistem Interaksi (Sister). Semua matkul itu gue ngerasa nggak ada yang gampang banget atau ribet banget. Sekarang yang kayaknya menarik adalah gimana caranya gue bisa melewati tugas demi tugasnya. Markibas alias mari kita bahas!

1. Basis Data (4 SKS)

Mata kuliah ini intinya ngomongin SQL. Dari Basdat bakal banyak mendapatkan materi dasar buat jadi Data Analis. Tugas-tugasnya buanyaxxxx banget. Kalau diliat dari jumlah SKS-nya, sih, mestinya udah bisa diantisipasi tugasnya bakal banyak banget. Gue juga udah sering denger dari kating atau temen-temen yang udah ambil Basdat kalau tugasnya bakal numpuk banget, tapi gue nggak pernah nyangka ternyata beneran senumpuk itu. Sebenernya tugasnya nggak yang susah-susah banget, asal ngerti sama materinya. Masalahnya, ya itu...

Ujian-ujiannya cenderung mirip sama soal-soal tahun sebelumnya. Buat yang ini, gue bisa antisipasi lewat pelajarin soal kating. Sayangnya taktik itu nggak bikin gue bisa dengan gampang nyelesaiin ujian Basdat karena soalnya banyak banget kayak tes CPNS! Pilihan ganda banyak, esai singkat banyak, esai sedeng juga ada, esai panjang ada juga. Ditambah pembagian poin per tipe soalnya juga jomplang banget. Kayak pas UTS kemarin, seinget gue kalo kita bisa jawab 10 soal pilihan ganda dengan benar, nilainya sama kayak kalo kita jawab 3 soal esai singkat. Jadi selain pusing ngerjain soal, gue keburu pusing duluan mikirin strategi jawab soalnya gimana. Padahal belum tentu juga gue bisa jawabnya.

2. Manajemen Sistem Informasi (3 SKS)

Sebenernya MSI matkul wajib semester 5 yang gue majuin ke semester 4. Karena ini seharusnya jadi matkul buat semester depan, jadinya mahasiswa di satu kelas isinya bisa dikit banget. Seinget gue matkul ini banyak ngomongin tentang cara melakukan manajemen sistem informasi perusahaan, karena namanya itu. Tugas-tugasnya enak banget karena banyakan nulis dan riset. Gue suka banget sama tipe tugas kayak gitu. Di akhir semester ada tugas kelompok yang intinya juga sama, nulis dan riset.

Nilai gue untuk ujian-ujiannya cukup bagus. Soal ujiannya banyak yang mirip kayak soal-soal tahun sebelumnya. Hasilnya nilai akhir gue di matkul ini cukup bagus. Gue cukup puas dan nggak nyesel udah ngambil duluan matkul MSI.

3. Sistem Informasi Perusahaan dan Akuntansi (4 SKS)

Kalo baca namanya gue ngerasa tertindas banget. Di paruh pertama, gue belajar tentang sistem informasi perusahaa, terus di paruh kedua gue baru belajar akuntansi perusahaan. Gue kan nggak pernah dapet pelajaran Ekonomi pas SMA, jadi lumayan tercepot-cepot buat terus keeping up sama materinya. Apalagi, di sini juga banyak praktiknya, kayak buat balance sheet, journal, adjusting. Gue ngerasa matkul ini lumayan seru, menantang, dan banyak banget yang mesti dipelajarin.

4. Sistem Interaksi (3 SKS)

Matkul ini didesain untuk belajar dasar-dasar membuat UI/UX yang bagus. Pokoknya, cocok untuk yang mau jadi UI/UX Designer. Tugas-tugasnya di matkul ini juga berurutan, dimulai dari bikin requirements, nyari informasi, wawancara, sampe akhirnya desain prototipe. Tugasnya banyak dan selalu berkelompok. Kalau diliat dari bobot dan isi tugasnya, mirip banget kayak tahun lalu, jadi lumayan dapet bayangan bagusnya gimana. Walau begitu, gue nggak akan bilang ini matkul gampang karena isi dokumen tugas akhirnya banyaakkkkk bangettt!!!

5. Statistika dan Probabilitas (3 SKS)

Kalau kata Nadin di lagunya, "Semua orang takut padaku, wo-oh-oh", itu paling cocok buat Statprob. Semua orang yang udah pernah ambil Statprob pasti bilang kalo Statprob keramat. Mitosnya, buat lulus dari Statprob aja susah banget. Persentase kelulusan Statprob juga kecil. Bahkan, kata dosen gue di angkatan sebelumnya yang nggak lulus Statprob bisa nyampe 100 orang. Nadin bener, "Bukan apa, hanya bersiap, tak ada yang tau, aku takut", takut nggak lulus.

Ekspresi gue pas ujian bisa baca soalnya doang jawabnya nggak.

Sebenernya materinya nggak susah, tapi perlu pemahaman buat bisa ngerjainnya. Tipikal soal-soal Matematika, yang jadi soal contohnya apa yang keluar di ujian apa. Ujian dan tugas-tugasnya hectic banget, tapi sebenernya nggak banyak, cuma sulit aja. Tingkat kesulitannya bisa diukur dari gue pernah dapet nilai 10/100 pas kuis.

6. Literasi Digital (3 SKS)

Gue bener-bener coba-coba berhadiah pas ambil matkul ini. Pertimbangan gue waktu itu gue pengin ambil matkul yang nggak ngerepotin, bisa dongkrak nilai, dan jadwalnya fleksibel. Ketemulah matkul Literasi Digital dari FIB, kelasnya online, dosennya enak (kata anak FIB), dan dari namanya cukup meyakinkan. Literasi Digital, palingan bahas cara mengidentifikasi hoax. Ternyata, isi yang dipelajari jauh lebih dalem daripada itu. Untungnya, ekspektasi gue yang lain soal matkulnya tercapai juga. Jadi. gue nggak ngerasa nyesel ambil matkul ini.

...

Nggak kerasa semester 4 udah selesai, artinya gue udah setengah jalan di perkuliahan. Banyak kejadian/kisah/cerita yang terjadi selama 4 semester kemarin. Salah satu kesimpulan yang bisa gue tarik dari 4 semester kuliah di Fasilkom adalah... 

Posting Komentar

0 Komentar